MUHUAMAD NUR SAFI"I

Jumat, 04 Juni 2010

Olimpiade Fisika


TOFI

IPhO (International Physics Olympiad) : Satu langkah untuk menjadi peraih Nobel Fisika

Satu langkah untuk menjadi peraih Nobel Fisika? Ya! Benar! Itulah slogan Olimpiade Fisika Internasional yang lebih dikenal sebagai IPhO(International Physics Olympiad).

Olimpiade fisika adalah suatu perlombaan Fisika Internasional yang sangat bergengsi. Lomba ini diikuti oleh pelajar-pelajar sekolah menengah terbaik dari berbagai negara termasuk amerika Serikat, Rusia, China, jerman, Inggris dll.

Olimpiade ini sudah dimulai sejak tahun 1967 di Polandia. seperti pada olimpiade olahraga, dalam olimpiade Fisika ini juga diperebutkan berbagai medali, medali emas diberikan kepada pada siswa yang dapat mencapai nilai 90% dari rata-rata 3 nilai teratas, perak 78%, perunggu 65% dan honorable mention 50%.

Para pemenang IPhO seakan telah mendapatkan rekomendasi secara Internasional sebagai kader terbaik dalam bidang Fisika. Para umumnya pemenang IPhO tidak mengalami kesulitan untukmemasuki universitas top di berbagai negara (termasuk di Amerika seperti MIT, Harvard, Berkeley dsb). Dengan memasuki universitas top ini, diharapkan para pemenang IPhO ini dapat berinteraksi dengan para pemenang Nobel Fisika. Hal mana akan merangsang cara berpikir para calon Fisikawan muda ini untuk menghasilkan sesuatu penemuan yang besar dalam bidang Fisika dan akan membawa mereka untuk meraih Nobel Fisika.

Pelopor TOFI

Ide mengundang TOFI untuk mengikuti turnamen yang paling berbobot dalam bidang sains ini berasal dari kelompok mahasiswa Fisika tingkat doktoral di College of William & Mary (Virginia Amerika Serikat) pada tahun 1993. Para calon doktor Fisika ini mengundang 5 pelajar terbaik SMA di Indonesia ke Virginia untuk ditraining selama 2 bulan penuh sebelum diterjunkan dalam Olimpiade tingkat dunia ini. Siang malam mereka di 'drill' oleh Agus Ananda dan Yohanes Surya dengan latihan soal setingkat S1 bahkan S2 dan soal qualifying exam. Ternyata usaha kerja keras ini tidak mengecewakan terbukti dari hasil yang diperoleh dari tahun ke tahun.

Seleksi dan program training

Mei - Agustus

distribusi bahan

Oktober / November

seleksi awal
semifinal

Januari

training intensiv 1 bulan
final

Juli

training intensiv 4-5 bulan

Kontak dan informasi

Kontak dan informasi lebih lanjut mengenai TOFI bisa diperoleh melalui situs resmi di http://www.tofi.or.id !

Sumber : Situs TOFI

0 komentar:

Posting Komentar